Petir adalah bahaya yang menguntungkan, Why?


Berdasarkan Peneliti di Laboratorium Teknik Tegangan Tinggi dan Arus Tinggi Kelompok Keilmuan Ketenagalistrikan, Sekolah Teknik Elektro & Informatika (STEI) di Institut Teknologi Bandung, Reynaldo Zoro, memaparkan sejumlah tempat lain di Indonesia yang memiliki potensi besar tersambar petir.

Bukan Musuh

Meskipun petir mempunyai potensi untuk merusak, Zoro mengatakan petir juga memberikan manfaat menghasilkan tenaga dengan menghasilkan ozon dan nitrat.

"Sebanyak 50 persen ozon dan nitrat itu dihasilkan dari petir. Jadi jangan memusuhi petir," ujarnya. Untuk itu, katanya, banyak negara yang menyesalkan kenapa di Indonesia keberadaan pohon sering ditebangi. Apalagi Indonesia merupakan penyumbang energi ozon dan nitrat.

"Kita mesti tahu secara alamiah petir turun ke tanah, makanya berikan jalan yang aman ke tanah. Kita mesti tahu caranya, petir tidak perlu dimusuhi, karena menghasilkan tenaga. Kalau menggelegar memang suaranya begitu," ujarnya.

Lantas bagaimana jika petir mengancam perangkat elektronik? Untuk itu Zoro mengatakan harus dibuat sistem proteksi agar peralatan tersebut dapat terlindungi dari kerusakan. "Kita perbaiki sistem proteksi terhadap peralatan elektronik dan mikroprosesor. Itu ada tekniknya, ada ilmunya," ujarnya.

Mekanisme kerja petir dalam membentuk ozon

Ozon dengan rumus molekulnya yaitu O3, dapat dihasilkan di alam ini dengan Sinar UV dari matahari dan melalui Petir. Karena kita sedang membahas manfaat petir saya akan menjelaskan pembentukan ozon karena adanya petir yang saya rujuk dari situs envronozone dan dirgantara-lapan Pembentukan Ozon melalui Petir Ozon diproduksi secara alami di atmosfer atas (lapisan ozon) melalui radiasi ultraviolet. Selain itu, petir juga akan menghasilkan Ozon melalui eksitasi listrik molekul oksigen. Seperti pada ilustrasi gambar diatas, dapat terlihat bahwa molekul oksigen mendapat serangan listrik dari petir, sehingga ikatan molekul oksigen menjadi putus. Atom oksigen radikal ini selanjutnya bereaksi dengan molekul oksigen sehingga menghasilkan ozon. Dari penjelasan diatas, kita sekarang tahu bahwa semua yang terjadi di alam ini tidak semua merugikan pasti ada manfaatnya meskipun tidak bisa kita lihat.

sumber :

http://gigihkurniawan.blogspot.com/2013/11/Proses-dan-Manfaat-Petir.html http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/365082-indonesia-rawan-petir--bahaya-yang-memberi-manfaat

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Petir adalah bahaya yang menguntungkan, Why?"

Posting Komentar